Minggu, 16 Juni 2019

Cara Mencegah Hipetensi



1.      Menguragi asupan garam
      Asupan garam yang dikonsumsi oleh penderita hipertensi ringan perharinya tidak boleh lebih dari 4 gram, namun bagi penderita hipertensi berat dianjurkan hanya mengonsumsi tidak lebih dari 2 gram perhari. Tujuan dari mengurangi asupan garam ini adalah dapat membantu menghilangkan resistensi garam dalam tubuh dan juga dapat menurunkan tekanan darah. Apabila ingin mengurangi asupan garam yang dikonsumsi hendaknya diimbangi dengan asupan kalsium, magnesium, dan kalium (untuk kasus tertentu) yang lebih banyak. Selain itu juga diimbangi dengan energi, protein, mineral, dan vitamin yang cukup.\
2.      Memperbanyak serat
   Bagi penderita hipertensi dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat daripada makanan berkaleng. Mengonsusmsi makanan yang mengandung serat dapat melancarkan buang air besar dan juga menahan sebagia asupan natrium.
3.      Menghindari kebiasaan buruk
    Kebiasaan buruk yang dimaksud seperti kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan kopi yang terlalu banyak, sehingga jantung dapat bekerja dengan baik. Adapun dampak yang dapat disebabkan dari kebiasaan buruk merokok yaitu seperti meningkatnya rsiko kerusakan pembuluh darah yang selanjutnya berdampak pada kerja jantung yang lebih berat.
4.      Memenuhi kebutuhn kalium, magnesium, dan kalsium
   Kalium, magnesium, dan kalsium bermanfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsusi tidak berlebih. Mengonsusmsi 3.500 mg kalium dapat membantu mengatasi kelebihan natrium, sehingga dapat menormalkan tekanan darah.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Rampengan, S. 2015. Hipertensi Resistan. Jurnal Kedokteran Yarsi, 23 (2), 114-127
  2. Sustrani, L., dkk. 2005. Hipertensi. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar