Minggu, 16 Juni 2019

Pengaruh Kompres Hangat Parutan Jahe Merah Terhadap Penurunan Nyeri Asam Urat

Kompres Hangat Parutan Jahe Merah dapat Menurunkan Nyeri Asam Urat


     Gout desease atau yang lebih dikenal sebagai penyakit asam urat merupakan suatu penyakit metabolic karena adanya kelebihan kadar asam urat di dalam tubuh. Penyakit asam urat biasanya menimbulkan rasa nyeri yang hebat pada sendi seperti pembengkakan sendi yang disertai rasa panas dan kemerahan. Data prevalensi penderita asam urat di Jawa Tengah menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 sebesar 24.3% pada pria dan 11.7% pada perempuan (Sriwiyati & Noviyanti; 2018). Terdapat beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk meredakan penyakit asam urat seperti kompres hangat maupun kompres dingin (Samsudin, Kundre, & Onibala; 2016).
     Pada kesempatan kali ini kami akan membahas terkait pengaruh pemberian kompres hangat parutan jahe merah untuk menurunkan nyeri pada penderita penyakit asam urat. Jahe merah dipercaya mampu memperkuat khasiat bahan lain dalam ramuan herbal. Rimpa pada jahe merah merupakan bagian yang digunakan dalam pengobatan asam urat (Herliana; 2013 (Samsudin, Kundre, & Onibala; 2016)).
       Berdasarkan suatu hasil penelitian, jahe merah mampu menurunkan 90% kadar purin dalam tubuh sehingga mampu menurunkan sensasi nyeri. Kandungan senyawa kimia jahe merah yaitu gingerol, shogaol, dan zingerone yang memiliki manfaat untuk antioksidan, antiinflamasi, analgesic, dan antikarsinogenik (Febriani, dkk; 2018). Kandungan antioksidan dalam jahe tadi mampu menurunkan efek peradangan pada penyakit asam urat. Jahe mampu menghancurkan penumpukan zat asam urat di dalam tubuh sehingga mampu dikeluarkan bersama dengan pembuangan kotoran.


DAFTAR PUSTAKA
  1. Febriani, Y., Riasari, H., Winingsih, W., dkk. (2018). The Potential Use of Red Ginger (Zingiber officinale Roscoe) Dregs as Analgesic. Indonesian Journal of Pharmaceutical Science and Technology
  2. Sriwiyati, L. & Noviyanti, D. (2018). Efektivitas Kompres Jahe Terhadap Penurunan Skala Nyeri Sendi Penderita Asam Urat di Desa Tempurejo dan Jurug Jumapolo Karanganyar. Kosala 6 (1)
  3. Samsudin, A. R. R., Kundre, R., & Onibala, F. (2016). Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Memakai Parutan Jahe Merah (Zingiber Officinale Roscoe Var Rubrum) Terhadap Penurunan Skala Nyeri pada Penderita Gout Arthritis di Desa Tateli Dua Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. eJornal Keperawatan 4 (1).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar